Gejala Tumor Rahim, Penyebab dan Jenis-jenisnya

Gejala Tumor Rahim dan Penyebabnya - TumorKanker.com,- Tumor rahim merupakan jenis tumor jinak yang terbilang unik. Ini karena tumor yang berkembang di dalam rahim wanita ini sama sekali tidak ditemukan pada mereka yang masih belum masuk pubertas. Sementara itu pada wanita yang telah masuk dalam usia menopouse, hampir tidak ditemukan tumor rahim yang tumbuh membesar.

gejala tumor rahimGejala Tumor Rahim Jenis dan Penyebabnya

Tumor rahim sendiri banyak menyerang wanita yang telah berusia 30 tahun. Saat wanita terserang tumor ini, maka mereka akan merasakan beberapa gejala yang sayangnya sering diabaikan begitu saja. Kebanyakan penderita pun tidak menyadari gejala tumor rahim ini. Mereka baru melakukan pemeriksaan medis ketika muncul pendarahan yang terjadi selama beberapa minggu diantara periode menjelang menstruasi. Bisanya pendarahan tersebut muncul dengan  disertai rasa nyeri.

Memeriksakan diri saat muncul pendarahan memang merupakan langkah yang tepat karena dibutuhkan tenaga ahli untuk mengetahui apakah darah yang keluar adalah darah hasil dari peluruhan sel telur yang belum dibuahi atau muncul karena peradangan yang disebabkan oleh pembesaran sel tumor di dinding rahim. Meski demikian, akan lebih baik jika Anda mememeriksakan diri sebelum hal itu terjadi dan menyadari gejala tumor rahim sedini mungkin.

Berikut Adalah Gejala Tumor Rahim :

Ada sejumlah gejala tumor rahim yang akan dirasakan seseorang yang telah menderita penyakit ini, seperti :

  • Perdarahan pervaginam
  • Vagina mengeluarkan carian yang abnormal
  • Perut terasa tertekan
  • Ada benjolan keras di perut
  • Sering merasa nyeri perut

Jika Anda merasakan sejumlah gejala tumor rahim diatas di atas, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda dapat mencegah perkembangan tumor ke tahap yang lebih serius. Tumor pun masih sangat munkgin untuk disembuhkan jika diobati saat tahap awal.

Selain gejala tumor rahim diatas, pendarahan yang terjadi dalam waktu yang lebih lama dari masa menstruasi juga perlu diwaspadai. Terutama jika darah yang keluar tampak lebih banyak dari pada darah saat menstruasi yang normal. Tumor rahim sendiri dikelompokan ke dalam tiga jenis, yaitu :

  • Fibroid submukosal

Tumor rahim ini menyebabkan terjadinya pendarahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu, fibroid submukosal yang terjadi di dalam rongga rahim juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan kehamilan.

  • Fibroid subserosa

Fibroid subserosa akan menyebabkan timbulnya tekanan disekitar area punggung atau saraf tulang belakang. Selain itu, tumor yang berkembang diluar rahim ini juga akan membuat penderitanya sering merasa ingin buang air kecil.

  • Fibroid intramural

Jenis ketiga, yaitu fibroid intramural merupakan tumor yang dapat mengakibatkan timbulnya rasa sakit di bagian dinding otot rahim.

Ada sejumlah hal yang dipercaya dapat menyebabkan timbulnya kanker rahim atau timbulnya gejala tumor rahim, seperti obesitas, sering mengonsumsi minuman beralkohol dan sering merokok. Selain itu, faktor lingkungan, genetis dan radiasi dari sinar matahari juga sangat berpengaruh terhadap munculnya tumor rahim.