Gejala Tumor Paru-paru Tahap Awal Waspadalah

Gejala Tumor Paru-paru Tahap Awal yang Wajib Diwaspadai - Tumorkanker.com,- Tumor paru-paru merupakan salah satu penyakit yang seringkali tidak terdeteksi. Ini karena di masa-masa awal, tumor yang tumbuh dan berkembang di paru-paru ini memang tidak menimbukan gejala yang menganggu. Gejala tumor paru-paru tersebut pun tidak dapat terlihat dengan jelas.

Gejalanya memang cenderung tersembunyi sehingga kita harus berhati-hati dan mempelajari semua gejala tumor paru-paru tahap awal. Dengan memahami gejala-gejala tersebut, maka kita bisa mencegah tumor paru-paru berkembang ke tahap yang lebih ganas. Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda mempelajari ulasan mengenai gejala tumor paru-paru berikut :

gejala tumor paru-paruBerikut adalah Gejala Tumor Paru-paru :

Sering batuk

Batuk memang merupakan kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Meski demikian, jika batur terjadi secara terus menerus selama beberapa minggu, maka jangan ragu untuk menghubungi dokter. Ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengidap tumor paru-paru, terutama jika batuk sering muncul saat udara dingin.

Kehabisan napas

Sebaiknya Anda berhati-hati jika sering kehabisan nafas saat melakukan berbagai kegiatan,  terutama jika kondisi ini sering dialami meski tidak melakukan pekerjaan yang berat.

Kondisi tersebut bisa jadi merupakan gejala tumor paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok yang berlebihan.

Timbul rasa sakit di bagian tertentu

Sering merasa sakit di bagian tertentu tanpa sebab yang jelas? Kemungkinan besar itu dipicu oleh gejala tumor paru-paru. Umumnya rasa sakit yang diakibatkan penyakit ini muncul di bagian lengan, punggung, pundak dan dada.

Ini terjadi karena tumor yang berkembang di paru-paru dapat menyebabkan masalah pernafasaan. Selain itu, tumor tersebut juga akan menekan saraf di bagian tubuh tertentu sehingga menimbulkan rasa sakit.

Mudah sakit

Sama seperti kehabisan nafas, tubuh yang mudah terserang penyakit juga merupakan salah satu gejala tumor paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok yang berlebihan. Selain mudah merasa sakit, kebiasaan tersebut juga akan menyebabkan gejala lain seperti rasa sakit di bagian lutut, penurunan berat badan dan depresi.

Bronchitis

Dibandingkan dengan gejala lainnya, bronchitis bisa dibilang jarang sekali terjadi. Namun jika hal ini terjadi dan disertai dengan gejala-gejala lain yang kami bahas dalam artikel ini, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan besar Anda menderita gejala tumor paru-paru.

Terjadi perubahaan pada suara

Saat Anda mengalami flu atau demam, suara Anda memang bisa berubah menjadi serak dan tak menyenangkan. Tetapi kondisi ini juga akan dialami oleh mereka yang terserang tumor paru-paru. Ini terjadi karena tumor tersebut mempengaruhi kotak suara penderita sehingga suaranya menjadi berubah dan tidak seperti biasanya.

Nah jadi, jika terjadi perubahan pada suara Anda secara tiba-tiba dan tidak sembuh dalam waktu yang cukup lama, maka ada baiknya Anda berhati-hati. Jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan rontgen paru-paru. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda wawasan ilmu kesehatan anda bertambah khususnya mengenai gejala tumor paru-paru.