Gejala Tumor Otak Yang Perlu Anda Waspadai

Inilah Gejala Tumor Otak yang harus Anda Waspadai - Tumorkanker.com,- Tumor otak terjadi karena tumbuhnya sel-sel yang abnormal di dalam otak. Sama seperti tumor yang yang tumbuh di organ tubuh lain, tumor otak juga terdiri dari beberapa jenis, yaitu tumor otak jinak dan tumor otak ganas.

Saat ini para ahli emang masih belum mengetahui penyebab pasti dari tumor ini. Meski demikian, beberapa peneliti menduga bahwa tumor yang tumbuh di otak tersebut terjadi karena masalah genetik. Selain itu, para peneliti juga menduka tumor ini terjadi karena sebab lain, yaitu radiasi yang berlangsung terus menerus dan paparan bahan kimia.

gejala tumor otakGejala Tumor Otak dan Tanda Orang Menderita Tumor Otak

Sering kali, para penderita pun terlambat menyadari bahwa mereka terserang tumor otak. Ini karena gejala tumor otak di tahap awal terbilang cukup sulit untuk diketahui. Baru setelah tumor membesar, para penderita akan mulai merasakan gejala yang sangat mengganggu.

Gejala tumor otak sendiri terbilang sangat bervariasi, tergantung dimana lokasi tumor berada. Selain itu, gejala-gejala yang muncul juga akan tergantung pada ukuran dan perkembangan pertumbuhan tumor di dalam otak penderita.

Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda mewaspadai gejala tumor otak yang sering muncul pada penderita penyakit tersebut.

  • Sakit kepala

Gejala tumor otak ini merupakan gejala yang paling umum. Gejala yang satu ini biasanya akan terasa di pagi hari. Rasa sakitnya pun akan muncul di tempat yang sama.

Penderita tumor otak sendiri akan sering mengalami gejala ini dan akan semakin parah jika dibiarkan begitu saja.

  • Gangguan penglihatan

Gejala tumor otak ini akan dirasakan oleh para penderita jika tumor tumbuh di area lobus oksipital. Saat hal ini terjadi, maka pengelihatan penderita akan menjadi kabur. Penderita pun akan merasa kesulitan saat mengidentifikasi objek dan warna.

  • Mual dan muntah

Sering merasa mual di pagi hari? Hati-hati, itu bisa menjadi salah satu gejala dari tumor otak.

  • Kehilangan sensasi emosi

Jika tumor tumbuh di aera lobus parietal, maka penderita akan kehilangan sensasi emosi. Selain itu, penderita juga akan merasa kesulitan saat menggerakan lengan atau kaki.

  • Mengalami kesulitan saat bicara

Saat tumor tumbuh di sekitar lobus temporal, maka tumor tersebut akan mempengaruhi kemampuan bicara. Jadi jika Anda mengalami kesulitan bicara secara mendadak, maka jangan ragu untuk menghubungi dokter. Selain gejala tumor otak, kesulitan bicara juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang terserang stroke.

  • Perubahan prilaku

Umumnya kondisi ini akan dialami oleh seseorang yang memliki tumor yang tumbuh di lobus frontal. Mereka akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan prilaku mereka. Selain itu, mereka juga sulit untuk menerima informasi baru.

  • Kejang-kejang

Hati-hati saat Anda mengalami kejang-kejang secara tiba-tiba, terutama jika sebelumnya Anda tidak memiliki riwayat kejang-kejang. Bisa jadi ini merupakan gejala tumor otak.