Gejala Kanker Usus Halus dan Penyebab Kanker Usus

Gejala Kanker Usus Halus dan Penyebabnya - TumorKanker.com,- Kanker usus halus adalah jenis kanker yang menyerang usus halus. Usus sendiri merupakan rangkaian saluran yang menjadi sentra sistem pencernaan. Di sini, semua makanan yang telah dimakan akan digerus untuk diserap sarinya. Sisa-sisa makanan pun akan membusuk secara alami.

gejala kanker usus halusGejala Kanker Usus Halus dan Penyebabnya

Kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya merupakan jenis kanker adenocarcinoma. Bahkan 95% gejala kanker usus halus yang terditeksi adalah kanker yang disebabkan oleh munculnya sel-sel pembentuk kelenjar di dinding usus. Sementara itu kanker usus jenis lain, yaitu kanker limfoma, sarkoma, karsinoid dan squamous sel merupakan jenis kanker usus yang jarang terjadi.

Kanker usus halus sendiri merupakan jenis kanker yang langka. Meski demikian, kanker yang menyerang usus halus ini terbilang sangat mematikan. Kanker ini dapat membuat usus kesulitan untuk menyerap sari makanan. Tentu saja, penurunan fungsi usus tersebut akan menyebabkan tubuh penderita mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Tentunya bisa Anda bayangkan bagaimana kondisi tubuh saat suplai makanan tidak terpenuhi dengan optimal bukan? Jika kondisi ini terjadi, maka seluruh tubuh akan mengalami penurunan fungsi. Selain itu, jika dibiarkan maka kondisi yang lebih fatal juga akan terjadi, seperti menurunnya regenerasi sel, metabolisme dan imunitas.

Sebelum kita bahas mengenai gejala kanker usus halus mari kita simak apa penyebab penyakit kanker jenis ini. Kanker usus halus disebabkan oleh berbagai kondisi yang terjadi di area usus halus sehingga menimbulkan sel-sel abnormal yang berkembang menjadi kanker. Beberapa diantaranya adalah :

  • Pertumbuhan Polip

Polip sering terjadi di usus, termasuk di usus halus. Sebenarnya polip sendiri terbilang jinak dan umumnya tidak menimbulkan masalah yang serius. Tetapi polip dapat tumbuh secara terus-menerus dan saling bertumpuk sehingga memicu munculnya sel-sel yang berkembang menjadi lebi ganas dan agresif.

  • Peradangan pada Usus

Peradangan berat yang terjadi pada usus halus dapat memicu munculnya kanker usus halus. Bahkan kanker juga bisa muncul setelah peradangan sudah diatasi. Ini karena bibit kanker akan berkembang dari jaringan parut di dinding usus akibat dari peradangan yang telah terjadi.

  • Masalah Toksinitas

Racun dan toksin dari makanan umumnya akan dinetralkan di duodenum. Tetapi jika tingkat radikal bebas, resido dan toksin dalam makanan terlalu banyak, maka racun dan toksin akan mengendap di dinding usus. Kondisi ini dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam usus.

Berikut Adalah Gejala Kanker Usus Halus

Pada stadium awal, gejala kanker usus halus benar-benar sulit untuk dikenali. Ini karena gejala-gejalanya memang terlalu samar dan mirip dengan penyakit perut biasa. Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda mengenali beberapa gejala kanker usus halus berikut ini.

  • Muncul darah pada feses

Munculnya darah pada feses merupakan salah satu dari beberapa gejala kanker usus halus tahap awal. Awalnya gejala ini memang tampak samar karena feses hanya berwarna kemerahan. Tetapi di tahap lanjut, maka darah pada feses akan semakin banyak.

  • Diare, konstipasi dan sembelit

Saat kondisi tersebut terjadi secara terus-menerus, maka kemungkinan besar itu merupakan gejala kanker usus halus.

  • Sering merasa lelah

Mudah merasa lemas merupakan gejala dari beberapa jenis kanker termasuk gejala kanker usus halus. Selain tubuh yang terasa lemas, Anda juga akan mudah merasa pening dan mengalami masalah anemia akut.