Gejala Kanker Uretra dan Cara Mengatasi Kanker Uretra

Gejala Kanker Uretra dan Cara Mengobatinya - Tumorkanker.com,- Uretra merupakan sebuah saluran yang berfungsi untuk mengeluarkan urin yan berasal dari kandung kemih. Pada wanita, saluran uretra memiliki panjang sekitar 3,75 cm dengan ujung berlubang yang berada tepat di atas vagina. Sementara itu pada pria, saluran uretra memiliki panjang yang mencapai 20 cm. Kelenjar ini pun dapat menembus kelenjar prostat. Ujungnya berada di sebuah lubat yang terletak di ujung penis.

gejala kanker uretraGejala Kanker Uretra dan Jenis-jenis Kanker Uretra

Salah satu penyakit yang umumnya menyerang bagian ini adalah kanker urerta. Jenis kanker yang satu ini umumnya lebih banyak dialami oleh wanita. Kanker urerta sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

  • Kanker uretra anterior

Kanker uretra anterior merupakan jenis kanker urerta yang terletak di uretra anterior, sebuah bagian urerta yang berada di dekat lubar keluar.

  • Kanker uretra posterior

Jenis kanker urerta yang satu ini tumbuh di dekat kandung kemih. Kanker uretra posterior sendiri dapat tumbuh dan berkembang hingga menembus lapisan dalam uretra dan jaringan yang ada di dekatnya.

Berikut Gejala Kanker Uretra Wanita Waspadalah !!

Kanker Uretra dimulai dengan pertumbuhan sel abnormal yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri di samping lubang uretra. Selain rasa nyeri, para penderita juga akan mengalami gejala kanker uretra utama berupa urin yang mengalami perubahan warna. Ini terjadi karena urin telah bercampur dengan darah. Jika kondisi ini dialami oleh para penderita, maka bisa diatasi melalui pembedahan.

Hematuria atau darah dalam air kemih sendiri memang akan menyebabkan darah berwarna kemerahan. Namun untuk mengetahui seberapa parah gejala kanker uretra yang dialami oleh penderita, maka perlu dilakukan pemeriksaan mikroskopik.

Munculnya darah dalam urin juga akan disertai dengan gejala-gejala lain yang sangat menganggu, seperti sulit buang air kecil dan melemahnya aliran urin yang keluar. Ini terjadi karena terdapat penyumbatan di dalam uretra.

Diagnosa Gejala Kanker Uretra - Untuk mengetahui apakah ada benjolan dalam uretra, maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik. Pada pria, sitoskopi dapat dimasukan ke dalam penis. Dengan begitu, dokter akan mengetahui kondisi uretra penderita.

Nantinya jika ditemukan tanda-tanda kelainan atau sel-sel abnormal yang tumbuh di dalam uretra. Jika ditemukan tanda-tanda kelainan pada saluran tersebut, maka dokter akan mengambil contoh jaringan yang akan diperiksa dengan menggunakan mikroskop.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala kanker uretra :

  • Kemoterapi
  • Penyinaran dengan sinar X dosis tinggi
  • Pembedahan

Metode pembedaan yang dilakukan untuk mengangkat gejala kanker uretra sendiri terdiri dari : Elektrofulgurasi, yaitu mengangkat kanker dengan menggunakan arus listrik. Nantinya tumor dan daerah di sekitarnya akan dibakar. Setelah itu tumor tersebut pun diangkat dengan pisau bedah. Terapi laser dan Sistouretrektomi atau pengangkatan kandung kemih dan uretra.