Gejala Kanker Tiroid dan Jenis-jenis Kanker Kelenjar Tiroid

Gejala Kanker Tiroid dan Jenis-jenis Kanker Tiroid - Tumorkanker.com,- Tiroid merupakan kelenjar yang terletak di bagian depan leher. Kelenjar berbentuk kupu-kupu ini memiliki fungsi penting, yaitu mengatur pertumbuhan, denyut jantung, berat badan, tekanan darah, dan metabolisme. Selain itu, tiroid juga mengeluarkan beberapa hormon seperti :

  • Triiodothyronine (T3) dan thyroxine (T4)

Hormon T3 dan T4 berfungsi untuk membantu mengatur tingkat metabolisme tubuh. Kandungan hormon T3 dan T4 yang berlebih akan menyebabkan Anda menjadi overaktif. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Sementara itu jika Anda kekurangan kedua hormon tersebut, maka berat badan Anda akan bertambah. Anda pun akan mudah merasa lemas.

  • Calcitonin

Hormon ini berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dalam darah. Mineral tersebut dapat membantu tubuh untuk membentuk tulang yang kuat.

gejala kanker tiroidGejala Kanker Tiroid dan Jenis-jenis Kanker Tiroid

Sebelum kita bahas mengenai gejala kanker tiroid perlu anda ketahui tiroid sendiri merupakan salah satu jaringan yang dapat terserang kanker. Kanker yang menyerang jaringan tersebut dikenal dengan nama kanker tiroid. Kanker jenis ini bisa dibilang cukup jarang terjadi. Selain itu, jika diketahui sejak awal, maka kanker tiroid juga dapat disembukah dengan mudah.

Gejala kanker tiroid ini umumnya menyerang orang yang telah berusia lebih dari 35 tahun. Dibandingkan pria, wanita memiliki resiko 2 hingga 3 kali lebih tinggi untuk terserang kanker tiroid. Kanker tiroid terbagi ke dalam 4 jenis, yaitu :

  • Karsinoma papiler

Diantara ke empat jenis kanker tiroid, karsinoma papiler merupakan yang paling umum. Hampir sekitar 60 persen dari semua kasus kanker tiroid merupakan kanker jenis ini. Karsinoma papiler sendiri umumnya menyerang wanita yang berusia di bawah 40 tahun.

  • Karsinoma folikuler

Sebanyak 15 persen dari seluruh kasus kanker tiroid yang terjadi merupakan kanker ini. Karsinoma folikuler sendiri banyak menyerang orang-orang yang telah lanjut usia. 

  • Karsinoma medular tiroid

Ini merupakan salah satu jenis kanker tiroid yang jarang terjadi. Dari seluruh kasus kanker tiroid, hanya sekitar 5-8 persen saja yang menderita jenis kanker tiroid ini. Meski demikian, karsinoma medular tiroid bisa muncul secara turun-temurun dalam satu keluarga.

  • Karsinoma tiroid anaplastik

Jenis terakhir, yaitu karsinoma tiroid anaplastik hanya menyerang sekitar 5 persen saja dari semua kasus kanker tiroid. Namun dibanding jenis lainnya, karsinoma tiroid anaplastik bisa dibilang yang paling agresif. Biasanya kanker jenis ini menyerang orang yang telah berusia lebih dari 60 tahun.

Berikut Adalah Gejala Kanker Tiroid :

Saat seseorang terserang gejala kanker tiroid, maka akan muncul gejala utama berupa pembengkakan di leher bagian depan, atau tepatnya di bawah jakun. Meski demikian, pada tahap awal kanker ini sama sekali tidak menimbukan gejala.

Umumnya gejala utama dan beberapa gejala kanker tiroid lain seperti yang kami sebutkan di bawah ini akan muncul saat memasuki stadium lanjut.

  • Merasa kesulitan saat menelan makanan
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Suara berubah menjadi serak. Kondisi ini tidak akan membaik bahkan setelah beberapa minggu kemudian.
  • Muncul rasa sakit di bagian leher. Di bagian tersebut juga akan terjadi pembengkakan kelenjar getah bening.