Gejala Kanker Pankres dan Penyebab Kanker Pankreas

Gejala Kanker Pankreas dan Penyebabnya - Tumorkanker.com,- Kanker pankreas termasuk ke dalam salah satu jenis kanker yang mematikan. Selain sangat berbahaya, gejala kanker pankreas  pun tidak terlihat dengan jelas hingga kanker telah menyebar ke bagian lain. Dengan proses penyebaran yang sangat cepat dan gejala yang tidak diketahui di tahap awal, maka operasi pengangkatan pun menjadi sulit untuk dilakukan.

gejala kanker pankreasGejala Kanker Pankreas dan Penyebabnya

Sebelum kita bahas mengenai gejala kanker pankreas perlu anda ketahui menurut National Cancer Institute, setiap tahunnya sebanyak 29.000 orang Amerika diketahui menderita kanker pankreas. Mereka yang terserang kanker pankreas pun hanya memiliki kesempatan sebanyak 20% saja untuk bertahan hidup.

Pankreas sendiri adalah organ yang terdapat di dalam perut. Letaknya tepat berada di belakang bagian bawah perut. Organ dalam ini mengeluarkan enzim yang mampu membantu pencernaan. Selain itu, panreas juga mengatur metabolisme gula.

Penyebab Kanker Pankreas

Kanker pankreas terjadi saat sel-sel yang terdapat di dalam pankreas mengembangkan mutasi pada DNA sehingga menyebabkan sel-sel tumbuh secara abnormal dan tidak terkendali. Sel-sel tersebut pun akan berkumpul hingga membentuk tumor.

Meskipun saat ini penyebab dari kondisi di atas masih belum diketahui, tetapi sejumlah faktor resiko dipercaya sangat berperan dalam munculnya kanker panreas pada tubuh seseorang. Faktor-faktor resiko tersebut adalah :

  • Kebiasaan merokok

Meroko merupakan faktor resiko utama yang membuat seseorang memiliki resiko yang tinggi untuk terserang kanker pankreas. Bahkan tingkat resikonya bisa mencapai 2-3 lebih tinggi dibanding mereka yang bukan perokok.

  • Usia

Mereka yang telah berusia 45 tahun ke atas juga lebih rentan terserang kanker pankreas dibanding mereka yang berusia lebih muda.

  • Diabetes

Diabetes berhubungan erat dengan kanker ini. Sebanyak 10% - 20% orang yang terserang kanker pankreas juga memiliki diabetes.

Selain faktor risiko di atas, sejumlah faktor lain juga sangat berperan dalam pertumbuhan kanker pankreas. Beberapa diantaranya adalah :

  • Diet lemak tinggi
  • Kurang berolahraga
  • Obesitas
  • Pankreatitis kronis
  • Sirosis hati

Berikut Adalah Gejala Kanker Pankreas

Gejala kanker pankreas sebenarnya sudah muncul di tahap awal. Namun di tahap ini, gejalanya masih belum terlihat jelas. Sementara itu setelah kanker tumbuh dan menyebar, maka rasa nyeri akan sering terasa di perut bagian bawah. Terkadang rasa nyeri tersebut juga menyebar ke punggung. Bahkan rasa sakit akan terasa semakin parah ketika penderita sedang berbaring atau makan.

Selain itu, ada sejumlah gejala lain yang akan dirasakan penderita, seperti :

  • Penyakit kuning

Kanker pankreas yang tidak segera ditangani akan menghalangi saluran empedu hati sehingga bisa menyebabkan penyakit kuning. Tanda-tandanya pun akan terlihat jelas di tubuh penderita, seperti tinja yang berwarna pucat, urine berwarna gelap dan kulit dan mata yang menguning.

  • Nyeri

Kanker pankreas akan menekan saraf yang terdapat di dalam tubuh penderita. Kondisi  ini akan menimbulkan rasa sakit yang jika dibiarkan akan semakin parah.

  • Penurunan berat badan

Para penderita kanker, termasuk kanker pankreas, akan mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

  • Mual dan muntah

Ini terjadi karena tumor yang menekan perut.