Gejala Kanker Kolorektal dan Faktor Penyebab Kanker Kolorektal

Gejala Kanker Kolorektal dan Faktor Resikonya - TumorKanker.com,- Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang tumbuh dan berkembang di rektum atau usus besar. Perkembangan kanker ini diawali dengan munculnya polip yang tumbuh di sepanjang permukaan dinding bagian dalam usus besar dan rektum.

Polip sendiri merupakan jaringan yagn biasanya tumbuh dengan jinak. Jaringan ini pun tidak menyebabkan gangguan. Tetapi pada sejumlah kasus, memang ditemukan polip ganas. Terutama yang telah ada di dalam usus dan rektum selama lebih dari 5 tahun.

gejala kanker kolorektalGejala Kanker Kolorektal Yang Harus Diwaspadai

Di tahap awal, nyaris tidak ada gejala yang akan dirasakan oleh pasien. Gejalanya baru terasa setelah kanker berkembang jauh. Selain itu, gejala kanker kolorektal yang dirasakan penderita juga berbeda-beda.

Oleh sebab itulah, sangat penting untuk mempelajari sejumlah gejala kanker kolorektal yang paling umum supaya kita bisa mendeteksinya dan melakukan pengobatan sedini mungkin.

Berikut adalah gejala kanker kolorektal yang akan dirasakan penderita.

  • Muncul darah pada tinja
  • Diare atau konstipasi
  • Tinja yang keluar disertai lendir
  • Sakit perut
  • Mual
  • Lelah dan lemas
  • Penurunan berat badan

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, maka segera hubungi dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda. Pemeriksaan rutin sangat diperlukan untuk berjaga-jaga mengingat kanker kolorektal sangat sulit dideteksi di tahap awal.

Faktor Risiko Gejala Kanker Kolorektal

Munculnya sel-sel yang abnormal merupakan awal mula dari berkembangnya semua jenis kanker, termasuk jenis kanker yang menyerang usus besar ini. Tetapi sayangnya, penyebab dari berkembang biaknya sel-sel abnormal yang tidak terkendali tersebut masih belum diketahui.

Sementara itu untuk kanker kolorektal sendiri, para pakar menduga sejumlah faktor resiko berikut dapat memicu terjadinya pertumbuhan sel kanker kolorektal dalam tubuh seseorang.

  • Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, risiko kanker kolorektal pun akan terus meningkat. Diperkirakan sebanyak 9 dari 10 orang yang terserang kanker ini merupakan orang yang telah berusia lebih dari 50 tahun.

  • Faktor keturunan

Jika ada anggota keluarga yng mengidap kanker atau polip kolorektal, maka kemungkinan besar Anda juga akan terserang kanker kolektral.

  • Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang berolah raga, terlalu banyak mengonsumsi minuman keras, merokok, obesitas dan kekurangan asupan serat dapat meningkatkan resiko terserang kanker kolorektal.

Diagnosis Kanker Kolorektal

Untuk mendiagnosis kanker kolorektal, maka dokter akan menanyakan gejala apa saja yang dirasakan oleh pasien. Pemeriksaan kondisi fisik melalui pengecekan rektum juga akan dilakukan.

Sejumlah pemeriksaan pun akan digunakan untuk memastikan diagnosis jika diagnosis awal masih kurang jelas. Beberapa di antaranya adalah :

  • Kolonoskopi

Kolonoskopi dilakukan dengan cara memasukan selang panjang melalui anus. Selang yang fleksibel tersebut telah disertai dengan lampu untuk memudahkan pemeriksaan.

  • Biopsi

Dokter akan mengambil sample jaringan sel-sel abnormal untuk diperiksa di laboratorium.