Gejala Kanker Kerongkongan Penyebab dan Diagnosisnya

Gejala Kanker Kerongkongan dan Penyebabnya - Tumorkanker.com,- Kanker kerongkongan atau kanker esofagus merupakan kanker yang tumbuh di hampir setiap bagian dalam sel jaringan kerongkongan. Kanker yang menyerang salah satu bagian dari sistem pencernaan ini terdiri dari beberapa jenis.

gejala kanker kerongkonganGejala Kanker Kerongkongan dan Diagnosa Kanker Kerongkongan

Karsinoma sel skuamosa adalah jenis yang paling umum. Kanker kerongkongan tersebut ditemukan dilebih dari 90% kasus kanker esofagus di seluruh dunia. Bisa dibilang, kanker kerongkongan sendiri merupakan jenis kanker yang berbahaya. Bahkan sebanyak 30 juta orang telah meninggal akibat serangan kanker kerongkongan. Sebagian besarnya merupakan laki-laki.

Semakin tua usia seseorang, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut terserang kanker kerongkongan. Mereka yang berusia 35 tahun ke atas pun memiliki resiko yang sangat tinggi dan resiko tersebut akan terus meningkat secara bertahap. Diperkirakan, usia 60 – 69 tahun merupakan usia yang paling rentan terhadap kanker ini.

Meski demikian, jika penderita menyadari gejala-gejala kanker kerongkongan tahap awal dan melakukan pengobatan sedini mungkin, maka penderita memiliki kesempatan yang sangat besar untuk sembuh.

Penyebab Gejala Kanker Kerongkongan

Penyebab munculnya kanker kerongkongan adalah pola hidup yang tidak sehat, faktor genetik dan kesehatan tubuh. Selain itu, tidak memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya kanker kerongkongan.

Oleh sebab itulah, ada baiknya Anda menghindari makanan yang mengandung nitrosamine seperti acar atau makanan berjamur dan makanan atau minuman yang masih panas. Selain itu, hindari pula kebiasaan minum minuman keras, merokok dan aktivitas lain yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Gejala Kanker Kerongkonan

Di tahap awal, gejala kanker kerongkongan sama sekali tidak terlihat jelas sehingga banyak penderita yang tidak menyadarinya. Sementara itu jika tidak segera diobati, maka kemungkinan besar kelangsungan hidup penderita hanya sekitar 25%-40% saja.

Oleh sebab itulah, sangat penting untuk memahami berbagai gejala kanker kerongkongan tahap awal seperti yang kami sebutkan di bawah ini.

  • Kerongkongan terasa aneh. Bahkan penderita akan sering tersedak ketika menelan makanan
  • Sulit menelah sehingga tidak dapat makan
  • Ketika menelan makanan, tulang dada akan terasa panas ataupun sakit
  • Muntah
  • Nyeri dibagian perut
  • Terjadi penurunan berat badan

Jika Anda merasakan beberapa gejala kanker kerongkongan di atas, maka segeralah ke rumah sakit terdekat untuk memeriksakan kondisi Anda. Kesulitan makan yang terjadi secara terus-menerus bisa menyebabkan penurunan berat badan, gizi buruk, chacexia dan komplikasi.

Cara Mendiagnosa Kanker Kerongkongan

  • Serat endoskopi

Cara tersebut biasa digunakan untuk pemeriksaan berbagai penyakit pencernaan, temasuk kanker lambung dan kanker kerongkongan.

  • USG

Permeriksaan ini digunakan untuk mengukur kedalaman lesi pada inflirtasi kerongkongan.

  • Sinar-X

Dengan menggunakan sinar X, dokter dapat mengetahui bagian mana saja yang telah diserang oleh sel kanker.

  • CT Scan

Metode ini bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai hubungan esophagus dan mediastinum yang berdekatan.